Mengenal Detail ASUS Zenfone 11 Ultra, Expand Your Vision

ASUS kembali meluncurkan produk terbarunya dari keluarga Zenfone yaitu Zenfone 11 Ultra. Sesuai dengan taglinenya, Expand Your Vision, ASUS menghadirkan varian produk smartphone ultra dengan desain premium, kamera unggulan, fitur AI, dan daya tahan baterai yang lebih lama. Dari segi ukuran pun smartphone ini lebih besar daripada varian sebelumnya. Meninggalkan desain smartphone kompak dan beralih ke desain yang lebih menunjang multimedia dan game.


Di era multimedia dengan konten video yang sangat banyak dan mudah diterima, penggunaan smartphone yang mumpuni sangatlah menjadi pilihan. Tidak hanya diperuntukan melihat konten tetapi juga sanggup memproses konten sederhana. Apalagi jika dapat melibas game populer, sudah pasti bakalan jadi pilihan saat ini.

Oleh karenanya, dukungan dapur pacu yang mumpuni tentunya menjadi faktor yang krusial. Selain itu, sisi penunjang multimedia yaitu kamera, layar, dan baterai menjadi hal berikutnya yang harus diperhatikan. Dari sisi perangkat lunak, hadirnya fitur AI yang mulai banyak dimanfaatkan tentunya akan menjadi nilai tambah dari sebuah produk smartphone. Dan dari kesemuanya itu, ASUS Zenfone 11 Ultra ini sudah memilikinya dan bisa dibilang sangat mumpuni. Dengan kata lain, ASUS Zenfone 11 Ultra ini telah memiliki semua hal yang seharusnya dimiliki smartphone flagship saat ini dan akan memberikan manfaat yang besar pada penggunanya.

Mari kita mengenal lebih detail tentang ASUS Zenfone 11 Ultra ini,

Design

Dari sisi desain, smartphone ini mengusung konsep bumi. Tidak hanya dari sisi warna, tapi juga dari penggunaan bahan daur ulang untuk bahan rangka. Tidak hanya kuat dan bergaya, namun juga merupakan juara sejati yang berkesinambungan. Rangka ponselnya yang ramah lingkungan terbuat dari 100% aluminium daur ulang dan layarnya terdiri lebih dari seperlima kaca daur ulang, membawa ASUS selangkah lebih dekat ke rantai pasokan sirkular (circular supply chain). ASUS juga telah berhasil mengurangi 94% penggunaan plastik untuk kemasan dengan menggunakan kertas sebagai pembungkus ponsel dan kabel. 

Ada 4 pilihan warna dari smartphone ini. Setiap warna melampaui sekedar warna, menawarkan pengalaman dan penghargaan terhadap keindahan alam yang menawan.

Skyline Blue, menangkap birunya langit Stockholm yang luas, ia memancarkan ketenangan musim panas Swedia.

Eternal Black, membangkitkan malam kutub yang dalam di Islandia, warna ini mengisyaratkan misteri mendalam di tengah malam Arktik.

Misty Grey, sesuai dengan Karl, kabut terkenal di San Francisco, warna ini merangkum kabut lembut dan ambien kota.

Desert Sand, diambil dari warna bukit pasir Tottori di Jepang, warna ini mencerminkan kehangatan matahari terbenam di gurun. 

Selain itu kemasan yang digunakan adalah kertas bersertifikat FSC™ dan tinta berbahan dasar kedelai tidak beracun, dengan kertas pembungkus untuk telepon dan kabel.​

Kamera

Dari sisi kamera tentunya smartphone satu ini menanamkan kamera yang sangat mumpuni yaitu sebagai berikut, 

Main camera, 50 MP, Sony IMX890, 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 2x lossless zoom. 

Telephoto camera, 32 MP3, 3x telephoto zoom, Built-in OIS.

Ultrawide camera, 13 MP, FOV 120°, Freeform len.

Front camera, 32 MP, RGBW sensor, FOV 90°.

Tiga lensa kamera belakang yang dilengkapi dengan sensor kelas andalan dan dipasangkan dengan algoritma baru, akan memuaskan semua aspirasi fotografi. Kamera 50 MP didukung oleh fitur-fitur canggih seperti, 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0. Teknologi inovatif ini memastikan bahwa video tetap bebas blur dan bebas guncangan, bahkan ketika ponsel sedang bergerak. Sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil bidikan berkualitas profesional dengan mudah. Kemudian Stabilisasi video Super HyperSteady, dan perekaman suara surround 3D bertenaga OZO Audio. Elemen-elemen ini digabungkan untuk menghasilkan stabilisasi dan kualitas audio yang tak tertandingi.

Sedangkan kamera depannya memperluas FOV-nya hingga hampir 90°. Hal ini membuat smartphone ini dapat menyertakan semua objek foto ke dalam satu frame. Selain juga menawarkan peningkatan kinerja cahaya rendah.

Dari sisi perangkat lunak, Mode AI Portrait Video menawarkan efek depth of field, menambahkan estetika profesional pada video. Sementara penyesuaian fokus manual memberikan kontrol penuh kepada pengguna dalam berkreasi dalam narasi visual. 

Dukungan AI semakin meningkatkan pengalaman pengguna, memperkenalkan fitur-fitur seperti HyperClarity dan AI Object Sense, yang membantu mengambil gambar yang realistis dan mengabadikan setiap momen kehidupan. HyperClarity yang dapat diaktifkan saat penggunaan zoom, secara signifikan meningkatkan kejernihan gambar melalui model pembelajaran mendalam, merekonstruksi gambar dan menambahkan detail berdasarkan pengenalan AI.

Artificial Intelligence (AI)

Penggunaan fungsi AI pada smartphone saat ini telah menjadi hal yang semakin diperhitungkan. Selain mempermudah kita sebagai pengguna, dukungannya pun sangat membantu menyederhanakan perintah secara otomatis dan signifikan tanpa kita harus melakukan perintah. Tak terkecuali pada smartphone ASUS Zenfone 11 ini. Fitur AI pada smartphone ini antara lain,

Semantic Search

Zenfone 11 Ultra mengubah manajemen file dengan Semantic Search. Pengguna dapat mencari foto di galeri dan aplikasi yang terinstal menggunakan kata kunci, berkat pembelajaran multimodal. Fitur intuitif ini memahami perintah bahasa alami, mendukung berbagai bahasa dan fungsionalitas offline. Selain itu, fitur ini terintegrasi ke dalam pengaturan ponsel untuk akses yang mudah, merampingkan pengalaman pengguna saat mengatur ponsel.

AI Noise Cancellation.

Hal ini mengidentifikasi dan menekan kebisingan latar belakang yang mengganggu, seperti lalu lintas atau suara sekitar di kafe. Baik saat sedang bertelepon, maupun asyik bermain game, kualitas audio tetap jernih.

AI Call Translator

Fitur yang satu ini memungkinkan pengguna untuk dapat berbicara menggunakan bahasa sehari-hari dan AI akan menerjemahkan kata-kata menjadi teks dan suara untuk lawan bicara. Begitu juga sebaliknya, terjemahan tersebut dikonversi menjadi suara yang jernih, sehingga meningkatkan pemahaman dan konektivitas bagi pengguna di seluruh dunia. Percakapan menjadi lebih lancar dan dapat dimengerti dengan baik sehingga mampu memfasilitasi komunikasi tanpa hambatan bahasa.

AI Transcript

AI ini menawarkan transkripsi secara nyata ketika menggunakan aplikasi perekam, baik saat merekam maupun dari file suara yang sudah ada. Fitur ini didukung oleh teknologi AI yang canggih. Dengan bantuan alat perekam internal ponsel, Anda dapat dengan mudah menangkap dan menyimpan transkrip.

AI Wallpaper

Fitur ini memberdayakan pengguna untuk membuat wallpaper yang dapat dipersonalisasi dengan mudah berdasarkan 6 arah gaya yang berbeda. Hanya dengan beberapa petunjuk dan algoritma AI Zenfone 11 Ultra yang canggih, pengguna dapat membuat latar belakang unik yang mencerminkan gaya dan kepribadian mereka. Sehingga menambahkan sentuhan individualitas pada perangkat pengguna. 

Performa

Smartphone ini dilengkapi dapur pacu yang sangat mumpuni yaitu prosesor Qualcomm® Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform. Dengan ditanamkannya processor ini, membuat smartphone bekerja dengan CPU yang menjadi 30% lebih cepat dan GPU 25% lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Zenfone 11 Ultra dengan mudah menangani tugas sehari-hari, komputasi AI, dan bahkan game yang menuntut performa cukup tinggi. Kecepatannya juga dapat ditingkatkan hingga 144 Hz. Dan yang lebih baik lagi adalah sangat hemat energi.

Selain dapur pacu yang mumpuni untuk kegiatan multitasking maupun game, smartphone ini juga ditemani dengan 16 GB LPDDR5X RAM berkinerja tinggi. Kemudian penyimpanan internal yaitu UFS 4.0 ROM 512 GB. Dengan begitu, pengguna dapat mengandalkan perangkat tangguh yang mampu menangani tugas-tugas AI dengan mudah dan menawarkan gameplay yang mulus dan grafis yang imersif.

Display

Zenfone 11 Ultra memiliki tampilan imersif yang memikat indera penglihatan. Layar AMOLED 6,78 inci 144 Hz yang disempurnakan dengan teknologi Pixelworks®. Ditambah dengan akurasi warna Delta E <1 dan gamut warna DCI-P3 107% memastikan pengalaman bermain game dan film lebih mendalam. Dengan kecerahan puncak 2500 nits, Zenfone 11 Ultra memastikan keterbacaan yang mudah bahkan di bawah sinar matahari langsung, beradaptasi secara dinamis dengan lingkungan dalam dan luar ruangan.

Pengguna juga akan disuguhi dengan visual yang hidup dengan teknologi low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) untuk efisiensi energi. Layar LTPO secara dinamis menyesuaikan kecepatan refreshnya dari 1 hingga 120 Hz berdasarkan tindakan dan skenario penggunaan yang berbeda. Hal ini memastikan pengalaman layar yang mulus sekaligus menghemat daya. Desain ponsel ini juga tak kalah mengesankan, dengan rasio layar-ke-tubuh 94% yang luar biasa yang dicapai melalui bezel yang jauh lebih kecil.

Zenfone 11 Untra sendiri menggunakan Corning® Gorilla® Glass Victus® 2 untuk ketahanan dan perlindungan yang unggul pada layarnya yang memukau. Selain itu juga smartphone ini menggunakan teknologi IP6815 water resistance. Teknologi ini akan dengan mudah menangani cipratan.

Baterai dan Audio

Baterai Zenfone 11 Ultra telah ditingkatkan menjadi 5500 mAh. Dibandingkan pendahulunya, daya tahan baterai naik sebesar 26,5%. Peningkatan ini memastikan bahwa pengguna dapat menikmati penggunaan tanpa gangguan untuk waktu yang lama. Terutama bagi pengguna saat bepergian jauh. Mendukung lebih dari 26 jam penggunaan reguler, Zenfone 11 Ultra menetapkan standar baru untuk daya tahan di industri smartphone. Hal ini tentu akan memastikan pengoperasian jangka panjang tanpa rasa khawatir. 

Dukungan 65W HyperCharge secara signifikan mengurangi waktu pengisian daya. Hal ini memungkinkan pengguna dapat mengisi daya perangkat mereka dengan cepat dan efisien. Untuk menambah kenyamanan, Zenfone 11 Ultra mendukung pengisian daya nirkabel yang kompatibel dengan pengisi daya nirkabel bersertifikat Qi.

Zenfone 11 Ultra memiliki fitur 14 speaker stereo ganda 25,2% lebih besar, dan peningkatan volume efektif dengan teknologi Dbass. Diselaraskan dengan baik oleh pakar audio DIRAC, ini menghadirkan pengalaman audio yang kaya dan mendalam. Smartphone ini juga menggunakan 3,5 mm headphone jack.

Kontinuitas PC

Selain spesifikasi perangkat yang mumpuni, perangkat lunak yang mendukung sangat diperlukan. Apalagi integrasi dan kontinuitas dengan perangkat lain. Zenfone 11 Ultra menghadirkan pengalaman kontinuitas PC terbaik. Ini terintegrasi secara mulus dengan ASUS GlideX, kompatibel dengan Microsoft® Phone Link, dan teknologi Qualcomm® Seamless, memastikan konektivitas sempurna dengan PC.

ASUS GlideX

Mungkinkan mencerminkan ponsel sehingga dapat dengan mudah berbagi foto dan video, mentransfer file di berbagai perangkat, menggunakan Zenfone untuk memperluas layar, atau mengubah kamera ponsel Anda menjadi webcam untuk panggilan video berkualitas tinggi. Dengan ASUS GlideX, pengguna dapat melakukan streaming aplikasi dari ponsel ke perangkat lain seperti layar PC. Alat ini menyederhanakan transfer file, meningkatkan panggilan konferensi, dan mengkonsolidasikan kontrol perangkat. Mencerminkan layar ponsel pada PC memungkinkan Anda menikmati media bersama.

Microsoft® Phone Link

Dengan Phone Link, koneksi sederhana memungkinkan Zenfone 11 Ultra melakukan sinkronisasi dengan laptop atau PC Anda. Baik itu mentransfer foto, file, menerima panggilan, atau mengelola tugas, semuanya berjalan lancar. Tidak perlu lagi bolak-balik dengan ponsel dan PC. Hal ini mengubah pengalaman ponsel ke PC untuk kenyamanan dan efisiensi yang tak tertandingi.

Snapdragon Seamless™ Experience

Berkat Snapdragon® Gen 3, Zenfone 11 Ultra mendukung teknologi Seamless untuk menghadirkan pengalaman sinkronisasi perangkat ke perangkat yang benar-benar baru dengan PC yang didukung Snapdragon® X Elite.

Aksesoris

Terdapat aksesoris seperti case yang sudah medukung magnetic ring yang digunakan untuk pengisian nirkabel guna mengamankan handphone dengan pengisi daya portable (powerbank).

DEVILCASE Guardian Case

Dengan material ShockSpread™ baru, pengguna mendapatkan perlindungan maksimal dengan finishing premium yang mudah digenggam dan anti selip. Case ini juga memiliki cincin magnet internal untuk kenyamanan Ultra.

RhinoShield SolidSuit Case

Lapisan luar silikon yang halus dan lembut terasa nyaman di tangan pengguna. Cincin magnetik versi 16 memastikan perlindungan perangkat yang sempurna dan dukungan untuk aksesori yang terpasang secara magnetis.

Spesifikasi Lengkap

Dimensions / Weight163.8 x 76.8 x 8.9 mm / 224g
ColorClassic: Skyline Blue / Eternal Black
New: Misty Grey / Desert Sand
Rear CamMain: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56", f/1.9
Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form Lens
Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μm (Actual output photo: 8MP)
Front Cam32 MP RGBW, pixel binning 1.4μm (Actual output photo: 8 MP)
Screen6.78" flexible AMOLED, FHD+, up to 144Hz refresh rate (Only available in game), LTPO 1 ~ 120 Hz, peak brightness 2,500 nits
Battery / Charging5,500 mAh (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi cert. charging
MemoryRAM: up to 16 GB LPDDR5X
ROM: up to 512 GB UFS 4.0
Frequency5G SA&NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79
4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66
4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48
WCDMA: 800 / 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 MHz
GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
OthersAccelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro (Support ARCore), Hall Sensor, Wi-Fi 7 ready, Bluetooth 5.4, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC, 3.5mm headset, NFC


Bagaimana setelah mengenal detail lengkap dari smartphone ini? Sangat menarik bukan? Selaras dengan tagline produk ini, Expand Your Vision. Zenfone 11 Ultra ini membawa perubahan yang cukup terlihat dari pendahulunya. Dari sisi penampakan smartphone jelas terlihat lebih besar. Dengan melihat spesifikasinya juga sangat terlihat perubahan yang signifikan. Ditambah dukungan AI yang semakin mempertegas kemampuan smartphone ini untuk menemani pengguna menyelesaikan kegiatan keseharian dengan porsi yang lebih lagi dengan tanpa hambatan yang berarti.

Smartphone ini resmi rilis di Indonesia pada tanggal 11 Juni 2024. Pada periode promonya yaitu First Sale Special Promo (11 - 30 Juni 2024) dibandrol dengan harga,

VarianHarga
12 GB | 256 GB (disc. 1 jt)Rp 10.999.000 Rp 9.999.000
16 GB | 256 GB (disc. 1 jt)Rp 14.999.000 Rp 13.999.000

Semoga bermanfaat, bahagia dan sehat selalu semuanya.


Referensi :

1. https://yahyakurniawan.net/

2. https://www.asus.com/


“Artikel ini diikutsertakan pada Zenfone 11 Blog Writing Competiton di Blog Oom Yahya”


2 Comments

  1. Keren ulasannya..the best lah Zenfone 11 ultra sebagi smartphone AI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih sudah mampir. Fitur AI emang jadi sorotan dan nilai plus sih. Hehe.

      Delete