Visual Basic Deret Bilangan Prima

visual basic deret bilangan prima

Salah satu tugas pekuliahan saya mata kuliah Algoritma I kali ini adalah membuat program deret bilangan prima yang langsung diaplikasikan pada aplikasi visual basic. Bilangan prima adalah bilangan yang faktor pembaginya adalah bilangan 1 dan bilangan itu sendiri (bisa dibagi ini dalam artian menghasilkan bilangan bulat positif, bukan bilangan pecahan). Bilangan 1 tidak termasuk karena dia hanya memiliki 1 bilangan pembagi.

Logika Algoritma

Meruntut dari pengertian bilangan prima di atas, algoritma yang saya pakai adalah menentukan sisa hasil bagi dari bilangan tersebut (menggunakan peritah "mod"). Jika hasil bagi bilangan tersebut dibagi dengan bilangan 2 sampai bilangan itu sendiri akan menentukan bilangan tersebut prima atau tidak. Jika sisa hasil bagi bilangan tersebut yang berjumlah 0 bernilai lebih kecil atau sama dengan 1 berarti bilangan tersebut prima. Jika sisa hasil bagi bilangan tersebut yang bernilai 0 lebih besar dari 1 berarti bilangan tersebut bukan bilangan prima. Kita ambil contoh bilangan 4 dan 5.

      Case Bilangan 4

Menurut definisi di atas, kita asumsikan bilangan pembagi dimulai dari bilangan 2 sampai bilangan itu sendiri. Jadi bilangan 4 akan dibagi dengan 2, 3, dan 4. Kita akan cari sisa hasil baginya menggunakan mod.
  • 4 mod 2 = 0
  • 4 mod 3 = 1
  • 4 mod 4 = 0
Dari pemaparan diatas diketahui sisa hasil bagi bilangan 4 yang berjumlah nol lebih besar dari satu sehingga bilangan tersebut bukan bilangan prima.

      Case Bilangan 5

Menurut definisi di atas, kita asumsikan bilangan pembagi dimulai dari bilangan 2 sampai bilangan itu sendiri. Jadi bilangan 5 akan dibagi dengan 2, 3, 4, dan 5. Kita akan cari sisa hasil baginya menggunakan mod.
  • 5 mod 2 = 3
  • 5 mod 3 = 2
  • 5 mod 4 = 1
  • 5 mod 5 = 0
Dari pemaparan diatas diketahui sisa hasil bagi bilangan 5 yang berjumlah nol adalah lebih kecil atau sama dengan 1 sehingga bilangan tersebut merupakan bilangan prima.

Menampilkan Dalam Aplikasi

Dalam aplikasi visual basic ini, saya berikan case menggunakan batas atas dan batas bawah. Ini berarti aplikasi akan mengecek seluruh bilangan mulai dari batas bawah hingga batas atas sesuai inputan user dan menampilkan bilangan prima tersebut disertai banyaknya bilangan prima, jumlah bilangan prima tersebut, dan rata-ratanya.

Berikut adalah tampilan aplikasi yang akan kita buat.

tampilan vb deret bilangan prima
Tampilan di aplikasi visual basic deret bilangan prima

Kode Program Deret Bilangan Prima

Dan berikut adalah codingan untuk menampilkan angka sesuai gambaran aplikasi seperti di atas. Untuk tampilannya ada beberapa penyesuaian yang juga harus kalian buat dulu seperti label, text input, list item, button, dan lain-lainnya ya.

Dim x, y As Integer

Private Sub Command1_Click()
   Min = Val(Text1.Text)
   Max = Val(Text2.Text)
If Text1.Text = "" Then
MsgBox ("Batas bawah harus diisi")
End If
If Text2.Text = "" Then
MsgBox ("Batas atas harus diisi!")
End If
If ((Min <> 0) And (Max <> 0)) Then
   If Min <= 1 Then
   Min = 2
   End If
For x = Min To Max
z = 0
For y = 2 To x
   hasil = x Mod y
   If hasil = 0 Then
   z = z + 1
   End If
Next y
   If z <= 1 Then
   List1.AddItem (x)
   a = a + 1
   jml = jml + x
   End If
Label7.Caption = a
Label8.Caption = jml
Label9.Caption = Round(jml / a)
Next x
End If
End Sub

Private Sub Command2_Click()
List1.Clear
Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text1.SetFocus
Label7.Caption = "0"
Label8.Caption = "0"
Label9.Caption = "0"
End Sub

Private Sub Command3_Click()
End
End Sub

*****

Nah mudah kan? Intinya kita harus memahami dulu algoritma atau jalan pemecahan masalahnya baru kita tentukan pengaplikasiannya di software yang diminta (dalam kasus ini menggunakan aplikasi visual basic). Dan coba di check lagi ya siapa tahu ada penulisan yang salah dalam codingan saya. Intinya balikin lagi ke algoritma yang udah saya jelasin di atas. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Share:

2 comments:

  1. mas additem untuk jumlah kok tidak bisa ya?

    ReplyDelete