Jalan-jalan ke Cimory Dairyland Prigen, Jawa Timur

MasyaAllah Tabarakallah, akhirnya kesampaian juga njajal masuk ke Cimory Dairyland Prigen. Karena kebetulan ada waktu senggang di libur akhir pekan ini, kami berusaha memaksimalkannya untuk berkegiatan luar. Awalnya ingin sekali berkemah di daerah Batu. Tapi karena kurangnya riset dan persiapan, kami putusankan untuk jalan-jalan ndek-ndekan saja. Setelah kerap kali ke sini untuk sekedar beli susu atau menikmati pemandangan Gunung Penanggungan sembari santap siang, akhirnya beberapa waktu lalu terealisasilah masuk ke salah satu wahana di Cimory Dairyland Prigen ini.

Akses dan Lokasi

Kami mulai berangkat dari Surabaya sekitar pukul 10.00 WIB. Karena kami rasa hari itu cukup panas, maka diputuskanlah untuk berkendara pelan menuju lokasi. Kami juga mengunjungi beberapa lokasi lain disertai beli camilan sembari menghabiskan waktu hingga agak sore. Walhasil kami sampai di lokasi sekitar pukul 14.00 WIB.

Cimory Prigen ini berlokasi di Jalan Raya Prigen No. 8, Plembon, Prigen, Pasuruhan, Jawa Timur. Menurut saya, akses paling paling enak dari Surabaya adalah melalui jalur tol. Yaitu turun Gerbang Tol Pandaan lalu naik ke daerah Pandaan menuju Jalan Raya Prigen. Dari sini lokasinya ada di kanan jalan. Bisa juga akses dari Mojosari atau Tretes, hanya saja untuk aksesnya saya kurang begitu familiar.

Walaupun hari Minggu, kami merasa bahwa akses dan lokasi wisata saat itu tak terlalu padat. Ramai memang, tapi masih sangat kondusif untuk liburan. Fyi, daerah Pasuruhan, Malang, Batu, dan sekitarnya adalah lokasi favorit untuk berwisata saat akhir pekan. Jadi saya sarankan selalu pantau kondisi lalu lintas dan lokasi wisata jika ingin berkunjung. Terutama saat akhir pekan.

Jam Operasional

Sebelumnya saya mengecek di google untuk jam operasinal Cimory Prigen ini. Ternyata untuk weekend, wahana buka sampai pukul 20.00 WIB. Sedangkan untuk hari biasa buka hingga pukul 17.00. Karena kami sampai di lokasi pukul 14.00 WIB, spare waktu yang kami punya terbilang sangat aman ditambah waktu menjelang sore saya kira kondisi tidak begitu panas dibantu suasana alam Prigen yang sejuk dan bersahabat.

Berikut jadwal lengkap jam operasional yang saya intip melalui website cimory :

Hari Kerja10.00 - 17.00 WIB
Hari Libur09.00 - 20.00 WIB

Wahana Cimory Prigen

Selain beli susu atau makan di resto dengan pemandangan alam, disini ada beberapa wahana yang bisa dikunjungi. Menurut review yang saya baca sebelumnya, beberapa lokasi sangat ramah anak dan lainnya tak kalah menarik. Jadi untuk wahana yang bisa dinikmati di Cimory Prigen ini antara lain :

Milk Museum

Museum Susu.

Museum Lulu

Lukisan Lucu.

The Windmills

Foto-foto.

Dairyland

Farm Theme Park.

Kami memang berencana mencoba wahana yang ramah anak agar dapat banyak bermain dan mengenal lingkungan luar. Jadi kami memilih untuk jalan-jalan di Wahana Dairyland saja. Hal ini kami putuskan dengan melihat situasi dan kondisi di lapangan, sekaligus waktu dan tenaga yang kira-kira masih bisa kami kondisikan.

Tiket

Tiket masuk ke sini terbilang murah. Khusus dairyland ya, karena kami berkunjung ke wahana ini saja. Tiket untuk anak kecil dibatasi berdasarkan tinggi badan. Dimana untuk tinggi badan di atas 80 cm dikenakan tiket masuk. Ada juga tiket paket. Yaitu tiket yang dapat dibeli saat mengunjungi beberapa wahana langsung. Tentunya harga yang ditawarkan lebih murah daripada bayar masing-masing tiket per wahana.

Untuk daftar tiket lengkapnya dapat di check di tabel berikut (saya ambil dari website cimory) :

Hari Kerja

Paket 3 wahanaRp 65.000,-
Paket 4 wahanaRp 86.000,-

Keseruan di Wahana Dairyland

Begitu sampai di lokasi, kami langsung membeli tiket untuk Wahana Dairyland. Tiket akan diberikan dalam bentuk kartu pass. Kartu tersebut berlaku sebagai uang elektronik yang dapat diisi deposit untuk pembelian tiket permainan dan camilan yang tersedia di dalam wahana.

Kami langsung menuju Wahana Dairyland yang lokasinya terbilang luas dan tersedia banyak spot yang menarik bukan hanya untuk anak-anak tetapi juga dewasa. Ada aneka hewan, permainan, spot foto, dan waterpark yang cocok untuk bermain anak. Sayangnya kami memutuskan untuk tidak mencicipi waterpark karena waktu yang sudah menuju gelap. Kasihan juga anak bakalan kedinginan nanti kalau kelamaan di air menuju gelap. Apalagi cuaca yang cenderung dingin di area pegunungan. Total kami muter-muter wahana ini sekitar kurang lebih 2 jam. Berikut adalah beberapa yang dapat saya ingat dan tuangkan di sini tentang apa saja keseruan yang ada di Wahana Dairyland ini :

Mini Zoo

Begitu masuk, kami disambut dengan banyak satwa yang menarik. Seperti aneka burung, iguana, musang, kelinci, bebek, dan lain sebagainya. Sepanjang jalan juga banyak binatang yang dapat dikenalkan dan berinteraksi dengan anak. Menyenangkan, ditambah penataan lokasinya yang hijau dan menimbulkan kesan dekat sekali dengan alam dan segala isinya.

Feeding Animal

Salah satunya adalah memberi susu sapi anakan. Di sini ada kandang sapi anakan yang lucu-lucu. Sudah agak besar sih tapi bukan yang sapi siap sembelih ya. Hehe. Disediakan susu botolan untuk diberikan ke sapi tersebut. Nah disini kita dapat gunakan deposit kartu untuk membeli susu yang akan diberikan. Selain sapi ada kelinci dan domba atau kuda yang bisa kita kasih makanan. Makanannya beli di boot dalam wahana dengan kartu deposit ya.

Taman Kelinci

Hal yang menurut saya berkesan adalah di taman kelinci. Berinteraksi dan memberi makan kelinci. Di sini ada banyak kelinci berkeliaran di suatu area. Disediakan cup berisi wortel untuk diberikan makan ke kelinci. Kalau anak-anak suka banget nih sama lucu dan imutnya kelinci. Betah di sini untuk klesetan di rumput hijau sambil melihat kelinci dan memberinya makan. Boleh dipegang tapi tak boleh diangkat ya.

Cimory Sheep Farm

Yang ini juga gak kalah mengasyikan. Domba-domba di ujung pagar mengantre untuk makanan yang sedang kita bawa. Sisa wortel dari taman kelinci tadi, dapat kita bawa dan diberikan ke domba yang ada di sini. Atau beli lagi di sini juga ada. Untuk domba yang kecil rasanya aman sekali untuk diberikan makan anak kecil. Untuk yang agak besar, sebaiknya berhati-hati ya, karena giginya sudah lumayan besar-besar.

Berfoto dengan satwa

Ada beberapa satwa yang bisa diajak berfoto seperti aneka reptil dan burung. Ada tiket tersendiri untuk berfoto dengan satwa tertentu. Untuk hewan tertentu juga, ada pendamping yang akan membantu dan mengarahkan fose foto Anda.

Moo Moo Train

Ada permainan kereta sapi (moo moo train) yang dapat dinaiki anak-anak. Dewasa juga bisa sih sebagai pendamping. Rutenya singkat berputar 3 kali putaran saja dengan membayar tiket sebesar Rp 15.000,- melalui kartu deposit.

Taman bermain

Saya sebut taman bermain karena ada permainan menaiki domba-dombaan yang anak-anak pasti suka. Apalagi pemandangan hijau dan burung-burung yang berkeliaran bebas yang terbilang aman sih. Cocok untuk sejenak beristirahat dan menghirup udara segar setelah berjalan-jalan. Banyak juga yang duduk-dukuk dan beristirahat disini sembari menunggu anak-anak naik kereta sapi.

Waterpark

Kalau untuk ukuran anak-anak, menurut saya spot ini sudah sangat bagus dan menarik. Bisa main air sepuasnya dengan membayar tiket tambahan ya. Karena kami memutuskan untuk tidak mencoba area ini, jadi kami skip di lain waktu. Sekilas terlihat menarik. Tetapi kami harus realistis akan waktu dan tenaga yang tersisa untuk kebaikan bersama. Hehe.

Spot permainan

Ada spot permainan yang menarik seperti arcery, shotgun, dan sebagainya. Ada tiket lagi untuk area ini ya. Bisa dilihat langsung di papan informasi yang tersedia di lokasi.

Area foto ikonik

Nah ini bisa jadi penutup yang manis yaitu area foto dengan backgroung garden bertuliskan "Dairyland Farm Theme Park". Banyak yang mengabadikan momen untuk befoto di sini sebagai kenang-kenangan. Jangan malu untuk minta bantuan berfoto ya. Tentunya bergantian agar semua dapat berfoto bersama keluarga.

Tata ruang menarik

Sepanjang perjalanan di Wahana Dairyland ini, tiap sudutnya menawarkan hal menarik. Belum lagi lokasi yang bersih dan terjaga. Hampir setiap jalan ada saja, entah area foto, aneka satwa, tempat beli camilan, taman untuk beristirahat, sampai kandang-kandang untuk satwa tertentu. Enak sih jalan-jalan kesini berasa gak ada ruginya dengan harga tiket segitu. Menurut saya lho. Hehe.

Untuk sistem tiket, gate akses dan penggunaan uang elektronik menurut saya sangatlah bagus. Semua terintegrasi dengan baik dan tampak tak ada miss yang berarti dari sisi pengelola. Selain itu tiket yang ada di dalam juga cukup terjangkau sekitar Rp 5.000,- sampai Rp 15.000,- untuk wahana ekstra. Tentunya harga berbeda untuk camilan yang tersedia ya. Ada papan informasi yang jelas dan detail kok. Jangan khawatir bakalan bingung.

Fasilitas

Are Parkir

Area parkir terbilang luas. Ada 2 area, di depan dan belakang. Walaupun cukup luas, kalau akhir pekan saya rasa tetap saja penuh. Saya selalu usahakan untuk dapat parkir depan. Harus sabar menunggu dan pandai memperhatikan alur keluar masuk kendaraan. Kalau terpaksa parkir belakang, alangkah baiknya keluarga di drop dulu di pintu masuk ya agar tidak berjalan terlalu jauh. Kalau mau sambil olahraga tipis-tipis boleh lah ya, hehe.

Toilet

Toilet yang bersih dan nyaman jadi nilai tambah lokasi wisata yang satu ini. Apalagi kalau saya bilang toiletnya juga luas banget. Jadi tak perlu khawatir kalau kebelet ya. Selain itu bisa duduk dengan nyaman sih kayaknya kalau tiba-tiba mules melanda. Hehe. Tapi mungkin tetap saja bisa full kalau akhir pekan. Pintar-pintar melihat kondisi lapangan saja.

Resto

Beberapa kali ke sini memang kami khususkan untuk makan disertai melihat pemandangan Gunung Penanggungan. Restonya terbilang nyaman dan banyak menu yang tersedia. Apalagi menurut saya makanannya juga enak-enak dan bervariasi. Mungkin harganya saja yang perlu dicermati agar sesuai budget liburan Anda. Update terakhir resto ini buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00. Mungkin bisa berbeda di hari libur atau akhir pekan. Sering-sering update aja di google.

Dairy Shop

Area paling sering saya kunjungi, karena bebrapa kali ke sini juga untuk sekedar mampir beli susu. Banyak juga variasi oleh-oleh yang lainnya. Selain tempatnya besar dan tersedia aneka oleh-oleh, dairy shop ini menawarkan kenyamanan dalam berbelanja. Pokoknya nyaman sih untuk berbelanja.

Kesan di Cimory Prigen

Beberapa kali kesini memang tidak mengecewakan. Apalagi anak juga suka banget berinteraksi dengan satwa dan bermain di Wahana Dairyland. Alhamdulillah selalu dalam kondisi cerah dan kondusif. Mungkin harus pintar-pintar cari waktu jika ingin berkunjung. Selain musim, akses dan kondisi terkini lokasi harus update terlebih dahulu jika memutuskan jalan-jalan ke sini.

Resto tutup pukul 17.00 kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan sembari cari makan di luar karena lepas dari jalan-jalan kami sekitar pukul 16.00 lebih dan masih mampir beli susu dan sedikit oleh-oleh di resto.

Alhamdulillah, secara keseluruhan jalan-jalan kali ini menyenangkan dan berkesan. Semoga kalian juga ya. Bahagia dan sehat selalu semuanya. Salam lestari.

41 Comments

1. Masya Allah Tabarakallah... Sharing yg istimewaaaa

ReplyDelete
  2. Tempat nya indah banget yah Masya Allah. Mana tiket masuk nya murah banget.

Semoga kalo ada rezeki bisa mampir ke sana amiin

Replies
    1. Semoga nggih. Aamiin. Selain indah, tempatnya juga menarik apalagi untuk anak-anak.

Delete
  3. Ooo Cimory tuh ada di Jawa Timir juga toh. Aku kira cuma di puncak mas. Heheheh

Emang seru banget Cimori ya. Nggak tempat makannya, nggak tempat wisatanya selalu ramai pengunjung. Dulu pernah mampir mengisi perut di Cimory river side yang di Puncak. Tempatnya asik banget lho. Kita makan ditemani suara air sungai gitu. Cimory emang pilihanntrpat untuk berlibur bersama keluarga tercinta ya mas.

Replies
    1. Wah iya, deket sungai pasti adem dan asik juga ya. Cimory ini banyak lokasinya juga ternyata. Aku juga belum terlalu lama tahu kok.

Delete
  4. saya udah pernah juga ke cimory memang bagus dan seru banget ya kak.. ada 4 wahana besar yang bisa kita coba. tiketnya pun juga bisa beli yang paketan atau sendiri2

Replies
    1. Iya bener banget. Apalagi keliatan terawat banget sih menurutku. Bagus dan seru banget memang.

Delete
  5. Cimori sering jadi jujugan wisata orang Lamongan juga lho...
    Tiketnya masih tergolong murah, akses jalannya juga mudah di jangkau

Replies
    1. Setuju, harga tiket relatif, akomodasi juga mudah di jangkau. Termasuk enggak deket juga ya kalau dari Lamongan sampai ke sini. Tapi tetep jadi jujugan. Salut.

Delete
  6. Cimory Dairyland ternyata ada di beberapa tempat, kalau di sini yang paling deket ke puncak Bogor kalau mau ke Cimory Dairyland, fasilitasnya juga hampir sama. Sama-sama lengkap dengan pemandangan yang indah pula. Cocok ya untuk wisata keluarga

Replies
    1. Benar ada di beberapa kota lain juga di Indonesia. Kalau saya lihat dan baca sekilas, konsep dan fasilitas wisatanya memang hampir sama karena mungkin 1 management ya.

Delete
  7. Cimory ini wisatanya asyik ya kak buat berlibur bareng keluarga Dan anak-anak pasti suka banget

Replies
    1. Bener, anak-anak suka banget apalagi banyak berinteraksi dengan hewan dan juga suasana yang sejuk juga nyaman bukan hanya untuk anak-anak tetapi orang dewasa juga.

Delete
  8. Tempat wisata baru ya mas? Terakhir ke Malang 7 tahun lalu sepertinya belum ada 🤭. Baru ada taman safari prigen. Harga tiket lumyam murah ya. Mengingat fasilitas yang diberikan banyak. Semoga bisa ke sana

Replies
    1. Kalau dibilang baru sih enggak ya menurut saya. Tapi mungkin kalau 7 tahun yang lalu memang belum ada. Hehe.

Delete
  9. Aaa.. Suka deh sama tempat wisata kekgini. Selain punya fasilitas lengkap, spotnya juga keren² dan mengedukasi pula. Paket komplit dah ya. HTM nya juga nggak mahal kok. Jadiin wishlist dulu, hihi..

Replies
    1. Melihat fasilitas dan lokasi yang ada, dengan harga segitu sih menurut saya sangat bagus.

Delete
  10. Asik banget berwisata di Cimory! Jangankan anak-anak ya, yang dewasa juga seneng. Btw, Mbak itu yang tabel harga, baris paling bawah di setiap tabel, yang bener Paket 2 Wahana atau Paket 4 Wahana?

Replies
    1. Oh iya, mohon maaf ada kesalahan penulisan, hehe. Terima kasih sudah diingatkan. Sudah direvisi juga.

Delete
  11. Eh kok Mbak. Mas, maksudku. Hehehe....banyak foto istri, jadi lupa kalo yang punya blog ini suaminya :))

ReplyDelete
  12. Sekolah tempat ngajarku dulu hampir tiap tahun, ada salah satu tingkat kelas yang selalu memilih tempat ini untuk kunjungan study tour. Ndilalah aku nggak pernah dapat kesempatan ngawal anak-anak yang ke sini. Jadi pas baca tulisan ini, akhirnya jadi tahu deh kayak apa tempatnya.

13. Saya kira Cimory Dairyland Prigen itu hanya tempat membeli susu aja, ternyata ada tempat wisata yang menarik di sana, ya.
    Di Bandung juga ada beberapa tempat wisata seperti di Cimory Dairyland Prigen ini, ada mini zoo dan feeding animal. Anak-anak pasti suka, yaa..

Replies
    1. Awal-awal saya sering ke sini juga memang karena tertarik dengan produk susunya. Eh ternyata ada tempat bagus buat anak-anak belajar dan bermain juga.

Delete
  14. Ehehe, ini anak pemilik kost-kostan dulu pernah jalan jalan ke sini juga. Dia bilang memang tempatnya itu sejuk dan benar-benar luas banget untuk bisa lari ke sana kemari..

ReplyDelete
  15. Waaaa aku baru tahu kak kalau Cimory Dairyland ada juga di Jawa Timur ya. Wah jam operasionalnya pas hari libur panjang juga ya sampai jam 8 malam. Untuk tiket masuk juga terjangkau sih di hari biasa maupun hari libur. Asyik buat liburan sama keluarga

Replies
    1. Memang cocok untuk liburan bersama keluarga dan anak-anak.

Delete
  16. Tiketnya lumayan murah sih. Apalagi ada yang paketan. Bisa jadi rekomendasi wisata keluarga nih

ReplyDelete
  17. wow cimory ada di Jawa Timur ya. saya kira cumak di bogor jawa barat doang. suasananya mirip mirip ya sama yang di bogor. mantul deh, terlebih ke sananya sm keluarga tercinta

Replies
    1. Sama-sama di daerah kaki gunung ya kalau enggak salah.

Delete
  18. Meski terbilang deket, tapi sampai sekarang belum juga kesampaian ke sana. Wkwk padahal udah sempet sering searching tiket dll, moga bisa ke sana habis lahiran... Wkwk healing 😂 semoga

ReplyDelete
  19. Sepertinya tempatnya enak sekali untuk refreshing. Asri sejuk dan bersih. Btw sekalipun saya blm pernah makan cimory

Replies
    1. Super enak kalau menurut saya. Segar dan nyaman.

Delete
  20. Ssru banget nih kelihatannya, jadi bisa sekaligus mengajarkan tentang binatang dan alam juga ya. Fasilitas yang ada juga lengkap nih ya, asyik banget. :)

ReplyDelete
  21. Wahhh seru banget nih bisa jadi destinasi perjalanan wisata bersama dengan anak dan keluarga. Aplagi banyak spot spot seru dan menarik yang memanjakan mata anak bngt..

Replies
    1. Cocok banget memang wisata bersama anak dan keluarga ke sini.