Sensasi Makan Sambil Kecek Petung Park Trawas Mojokerto

Ada tempat baru yang menarik, rekomendasi salah satu teman. Lha kok kebetulan ada waktu luang bersama, jadi tidak menunggu lama langsung saja kami coba tempat tersebut. Namanya adalah Petung Park, tempat wisata unik yang baru buka dan ternyata sempat viral di media sosial. 

Kenapa disebut Petung Park, karena lokasinya dipenuhi bambu petung atau orang jawa menyebutnya pring petung. Lokasi khas pedesaan dengan pemandangan sawah dan aliran air ini, menawarkan sensasi berwisata yang berbeda. Apa saja yang menarik di sini, mari kita lihat bersama.

Daya Tarik Wisata Petung Park

Tiap tempat wisata pasti menawarkan sesuatu yang dapat menjadi daya tariknya, tak terkecuali tempat wisata yang satu ini. Ada banyak hal yang akan membuat kita tidak hanya kagum tetapi juga menikmatinya. Beberapa hal yang menarik dan dapat dilakukan di sini antara lain :

Sensasi makan sambil kecek

Bagi yang belum paham, kecek adalah kegiatan bermain air terutama bagian kaki. Memasukan kaki di air lalu menciprat-cipratkannya. Kurang lebih seperti itu menurut pemahaman saya, hehe. Di Petung Park ini terdapat gubuk-gubuk yang di bawahnya merupakan aliran air. Selain air yang jenih, kebersihan dan arus air yang pas membuat sensasi makan sambil kecek di sini semakin menyenangkan. Apalagi kalau ada anak-anak, dimana kebanyakan suka bermain air. Selain airnya dangkal, kondisinya juga rata dan aman digunakan bermain anak.

Pemandangan sawah yang menyejukan mata

Selain sensasi kecek, pemandangan sawah di lokasi wisata ini memberikan nuansa asri dan damai. Ditambah lagi suasana yang sejuk di daerah Trawas menjadi tambahan nilai positif lokasi wisata yang satu ini. Memang tak seberapa luas tetapi cukup bagus melihat hijau-hijau sambil menikmati camilan yang disediakan untuk dibeli di lokasi wisata ini.

Kalau beruntung, kita bisa menikmati pemandangan Gunung Penanggungan dari sini. Tentunya jika cuaca cerah dan tidak kabut. Waktu kunjungan kami, cuaca sebenarnya cerah tetapi turun kabut di atas sana sehingga Gunung Penanggungan terlihat samar.

Bermain air di kolam mata air

Ada kolam mata air yang bisa digunakan untuk bermain air juga. Tidak terlalu besar tetapi cukup jika digunakan untuk bermain anak. Ditambah ada aliran mata air yang membuat kesan alami dan sejuk sangat terasa. Tapi ingat tetap patuhi peraturan yang ada ya seperti tidak membuang sampah di kolam atau aliran air dan lain sebagainya.

Menikmati gubuk-gubuk pedesaan

Kalau udah lihat gubuk gitu sering nostalgia, dulu waktu kecil dan masih di desa, saya seringkali tidur di gubuk saat menemani orang tua ke sawah. Jadi dimanapun wisata alam dengan gubuk bawaannya seneng aja serasa balik beberapa waktu ke belakang ketika masih sering menikmati makanan di gubuk dan bersantai hingga tertidur.

Gubung inilah yang biasanya digunakan untuk bersantai pengunjung dan juga menikmati makanan yang ada. Selain gubuk yang ada aliran airnya, di Petung Park ini juga disediakan gubuk kering yang fungsinya juga sama. Cocok untuk kegiatan semi formal dan santai-santai.

Makanan dan minuman tradisional rasa mewah

Makanan yang enak membuat suasana dan mood menjadi sangat baik. Salah satu yang cocok di lidah saya adalah rica bebek yang pas banget pedas dan empuknya. Gurame bakar di sini juga lumayan enak. Untuk camilan, tempe mendoan dan pisang goreng saya paling suka. Ditambah aneka minuman yang bisa dipesan dan dinikmati sambil bermain air dan menikmati suasana alam.

Buka setiap hari

Kalau tidak salah informasi, wisata petung park ini buka setiap hari di jam berikut : 

Senin - Minggu
09.00 - 18.00 WIB

Untuk informasi lebih lengkap berkaitan hari dan jam buka terbaru atau mungkin pemesanan tempat bisa langsung check di instagram petung_park.

Akses dan Lokasi Wisata

Untuk akses ke lokasi ini memang membutuhkan sedikit effort tetapi masih dalam taraf yang ringan sih menurut saya.. Dikarenakan lokasinya yang memang agak tersembunyi dimana orang kekinian menyebutnya hidden gems. Serius, lokasinya masuk gang yang hanya cukup untuk lewat 1 mobil saja. Tapi tenang ada yang mengatur lalu lintas di sana kok. Tidak lain adalah warga sekitar yang sepertinya juga merupakan pengelola dari wisata Petung Park ini.

Alamat lengkap Petung Park ini adalah di Dusun Jibru, Desa Belik, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61375. Untuk akses dari Surabaya tentu saya memilih menggunakan jalur tol jika menggunakan kendaraan roda 4. Jika menggunakan kendaraan roda 2 melalui jalur bawah melewati Sidoarjo, Wisata Lumpur Lapindo, Bundaran Apolo, lanjut minta bantuan ke Google Maps karena saya tidak begitu hafal nama desa dan daerah di kawasan ini. Hehe. Langsung saja ketikan keyword Petung Park maka akan muncul lokasi wisata yang dimaksud ini.

Fasilitas di Wisata Petung Park

Selain daya tarik yang ada di lokasi wisata, fasilitas pendukung yang memadahi tentunya akan membuat pengunjung semakin betah. Selama kunjungan saya, beberapa fasilitas yang ada terbilang baik dan beberapa perlu ditingkatkan. Tetapi secara keseluruhan  saya merasa puas dengan apa yang ditawarkan dan fasilitas pendukung yang ada.

Penunjuk Jalan

Menuju lokasi wisata, dari jalan besar sudah diberikan penunjuk arah sederhana. Semakin mendekati lokasi, plakat dan penunjuk jalan semakin terlihat jelas. Mungkin karena lokasi yang juga harus masuk ke dalam gang sempit sehingga penunjuk jalan sangatlah penting.

Lokasi Parkir yang Luas

Begitu masuk lokasi, langsung berupa tanah lapang luas yang dapat digunakan untuk parkir kendaraan. Di sini juga akan dibantu petugas pengelola yang ada. Masalah parkir saya rasa tak perlu khawatir karena ketersediaannya sangat banyak.

Mushola

Mushola di sini cukup unik. Berupa bangunan semi permanen bertembok dan beralas bambu. Menjadikan suasana semakin syahdu dan nyaman bagi saya. Jika diamati dan dirasakan ala-ala pedesaan jaman dulu dimana bangunan sangat sederhana. Kebersihan dan ketersediaan alat sholat juga terbilang baik. Malah betah berlama-lama di sini. Eits tapi ingat ya, gantian dengan pengunjung lain karena mushola terbilang tidak terlalu besar.

Toilet

Salah satu yang menurut saya perlu ditingkatkan adalah toilet. Ada 2 toilet yang tersedia di lokasi. Kebetulan waktu kunjungan saya lumayan ramai dan mengalami kejadian antre agak panjang di toilet. Tetapi untuk kebersihan saya merasa masih cukup baik.

Free WiFi

Ada beberapa WiFi tanpa password available di sini. Waktu saya tanya password WiFi ternyata petugas bilangnya langsung sambungkan saja. Saat saya check dan coba sambungkan, benar saja langsung tersambung.

Stop kontak listrik

Ada stop kontak di gubukan yang menjadi nilai tambah. Buat yang butuh charge handphone bisa di sini. Tak perlu powerbank atau nitip charge. Cuma saya tetap menyarankan untuk ekstra hati-hati. Karena di bawah ada aliran air, apalagi air juga termasuk penghantar listrik. Alangkah baiknya jika kita selalu waspada agar meninimalisir sesuatu yang tidak diinginkan.

Pesan dan Kesan

Secara keseluruhan kami merasa senang berkunjung ke sini. Apalagi anak juga betah dan hampir tak mau beranjak dari kolam air. Suasana saat kunjungan yang sejuk dan cerah membuat semangat semakin baik. Walaupun dibutuhkan sedikit effort karena berkunjung ke wisata hidden gems. Hehe. Tapi mood langsung naik lagi saat suguhan makanan dan minuman yang cocok di lidah kami masuk ke perut. Alhamdulillah. MasyaAllah Tabarakallah.

Semoga kunjungan kalian juga menyenangkan dan berkesan. Bahagia dan sehat selalu. Salam lestari.


42 Comments

  1. Masyaa Allah, enak banget pemandangannya, bisa sambil cuci-cuci kaki nih. Anak-anak suka nih sama yg ginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka banget kayaknya. SAmpai-sampai gak mau mentas (beranjak). Hehe,

      Delete
  2. Pastinya seneng banget bisa main air di gubukannya. Penasaran apakah airnya asli dari pegunungan atau air yang dialiri dari sumur? 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wilayah Trawas ini kan masuk ke daerah lereng gunung Arjuno-Welirang dan Penanggungan. Jadi saya rasa airnya asli dari mata air pegunungan.

      Delete
  3. Pemandangannya apik tenan. Memanjakan mata sekaligus merasakan ketenangan alam. Adem banget ya.

    ReplyDelete
  4. Sekarang sedang booming destinasi wisata atau tempat makan yang tersembunyi begini. Yang nantinya kalau sudah viral jadinya enggak terlalu hiddem gems lagi dong, heheheh ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Walaupun begitu, untuk menjaga keberlangsungannya, kedepannya pihak pengelola perlu dan pasti akan melakukan inovasi-inovasi. TInggal peran besar kita tetap menjaga kelestarian lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan dan atau tidak melakukan kegiatan yang dapat merusak alam dan lingkungan sekitar.

      Delete
  5. Bagus banget kak tempatnya. Tempat2 wisata alam kek gini harus dijaga. Di daerahku dulu juga termasuk hidden gem, tapi karena sudah banyak orang yang datang berkunjung dan sampah berserakan di mana-mana jadinya gak menarik lagi. Ditambah umkm yang berjualan. Berwisata dan berjualan boleh saja sih, tapi lingkungan juga tetap harus dijaga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener banget. Jika kita sebagai pengunjung tidak menerapkan sistem berwisata yang berwawasan lingkungan, ya lama kelamaan tiap tempat wisata akan booming pada waktunya dan meredup cepat. Selain pihak pengelola juga harus pintar melakukan inovasi serta perbaikan yang berwawasan lingkungan juga.

      Delete
  6. asik banget makan di situ ya Kak Agung, menikmati makanan sambil menikmati udara segar dan pemandangan hijau, makin nikmat ini mah makannya apalagi makannya sama keluarga

    ReplyDelete
  7. Kalau di Malang nyebutnya keceh sih bukan kecek, wkwkw. Asyik ya makan sambil main air gitu. Pemandangannya juga bagus, jadi makan sambil refreshing bersama keluarga di sana.

    Kalau paket untuk 5 orang harga 150rb sih ga terlalu mahal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keceh artinya juga sama. Apa saya salah bahasa ya, keceh atau kecek? Hehe. Kalau soal harga, saya usahakan bilang relatif ya, monggo disimpulkan sendiri. Hehe.

      Delete
  8. Tadinya saya gak pernah tertarik makan di resto yang kakinya direndam gini. Karena yang saya lihat bentuknya kayak kolam. Ada ikannya pula. Kasihan saya sama ikannya. Khawatir juga ada customer yang kepleset.

    Tapi, kalau konsepnya kayak gini, saya tertarik. Karena areanya lebih terbatas. Pemandangan juga menyegarkan, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pikir juga begitu tadinya. Tapi setelah datang langsung, sepertinya tidak seburuk yang saya kira. Kolamnya bersih, tanpa ikan, tidak terlalu dalam dan luas, juga aman untuk berpijak. Apalagi kalau beruntung viwnya Gunung Penanggungan mantep banget. Segar menenangkan.

      Delete
  9. Viewnya menyegarkan mata banget ini. Pasti betah duduk berlama-lama makan di sana. Btw, itu kaki kita jadi kayak kerendem gitu ya? Dingin gak, kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dingin sebentar diawal, berikutnya seger banget. Airnya juga bersih dan mengalir kalau mau cuci muka biar tambah seger. Tapi kalau cuci tangan sebaiknya di wastafel aja ya, hehe.

      Delete
  10. Sekarang lagi ngetren tempat wisata alam seperti di Wisata Petung Park ini yaa...
    Memang nyaman sekali bisa bersantai di tempat yang asri dan sejuk. Terutama pengen banget bisa duduk di gubuk-gubuk yang di bawahnya merupakan aliran air, seru yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman baru buat saya. Dan beneran seru. Sensasi juga beda.

      Delete
  11. Kecek itu mungkin maksudnya kedua kaki kita di masukkan ke dalam air sambil digoyang-goyangkan. Asik sih, asal airnya memang bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggih. Airnya InsyaAllah bersih dan mengalir kok. Semoga tetap selalu bersih dan terjaga ya. Hehe.

      Delete
  12. Bisa jd jujugan nih klo pas mampir ke Surabaya. Suasananya kynya nyaman bgt nih, semilir angin sambil nyantap makanan. Asyoyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Surabaya kira-kira menempuh waktu 1,5 jam. Tapi bisa berkunjung ke tempat lain juga jika waktu memungkinkan, karena lokasinya juga berdekatan. Artikel saya selanjutnya juga nulis tentang itu (wisata yang dekat dengan Petung Park).

      Delete
  13. Kalau udah di Trawas Mojokerto sih buatku udah jaminan duluan, hehe.. soalnya pemandangan sama kesejukannya udah dapet. Jadi seneng kalau ke Trawas tuh. Aku belum tau Petung Park ini. Kayaknya tempatnya nyaman banget ya, dan parkirnya luas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ngerasanya seneng kalau main-main ke daerah Trawas ini. Udaranya sejuk dan viewnya mantep. Bonus sedikit blusukan kalau main ke Petung Park ini. Hehe.

      Delete
  14. Masya Allah itu tempat bagus dan asri banget, belum lagi konsep keceknya. Makan sambil duduk yang dibawahnya ada aliran air? Beuhh nggak pernah terbayangkan dan pastinya asik.

    Fasilitas penunjang lainnya juga nggak kalah keren, musholanya itu loh dari bambu dan desainnya menurut Teddy keren banget. Mungkin kalau ada kesempatan bisa kesana hehe.

    Terima Kasih ya Bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga tertarik dengan desain musholanya. Vibesnya dapet banget kayak di pedesaan, tenang dan bikin betah berlama-lama.

      Delete
  15. Trawas emang tempat sejuta wisata alam banget ya, Mas. Bahkan makan pun bisa sambil kecek gitu 😅

    Pasti asik banget, sambil lihat pemandangan dan suasananya yang sejuk duh.. kapan ya bisa main ke sana lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, buanyak banget tempat dan area wisatanya.

      Delete
  16. Haduh, nggak bisa akutuh kalo liat wisata berbau alam kek gini, rasanya pengen segera mengunjungi Petung Park Trawas Mojokerto, haha.. Yg bikin salfok selain viewnya sih pasti menu makanannya yg murmer, bahkan harga paketannya pun pasti bikin keluarga puas banget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting juga pas di lidah dan kenyang di perut.

      Delete
  17. Paling enak makan di tempat seperti ini, selalu jadi lebih lahap. Pemandangannya indah, udaranya segar.... apalagi kalau nggak tercemar asap rokok.

    ReplyDelete
  18. Adem banget lihat fotonya. Gak kebayang kalau langsung datang ke sana. Seru pasti kalau bawa keluarga besar untuk kumpul di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru. Apalagi liat anak-anak mainan air rasanya pingin ikutan nyemplung. Hehe.

      Delete
  19. Harganya termasuk murah ya bun. Apalagi dengan fasilitasnya yang serba luas dan adem banget. Jadi mau nyobain juga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Relatif sih kalau menurut saya. Yang bikin menyenangkan emang suasananya yang adem dan view yang keren.

      Delete
  20. ini pemandangannya indah sekali, enak banget kekny main ke sana. Menu makananannya juga menarik dengan harga yang masih sangat terjangkau. Ada paket hemat untuk 5- ornag lagi nih. Benar-benar menarik untuk dikunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memamng menarik menurut saya. Makanya begitu ada rekomendasi teman, saya kemudian berangkat melihatnya.

      Delete
  21. Wahhh suasanya seger banget yaaa, di alam terbuka seperti ini. Manalagi serba-serba hijau dan sejuk bersama keluarga tercinta, boleh nih jadi salah satu list kunjungan liburan bersama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang cocok banget untuk liburan bersama keluarga.

      Delete