Tetap Sehat Dan Produktif Berkarya Dengan ASUS OLED


Waktu penggunaan laptop saya meningkat sejak pandemi ini terjadi. Keterbatasan akses dan kegiatan di luar ruangan membuat saya mau tidak mau lebih banyak menghabiskan waktu dengan dunia digital. Mulai dari zoom meeting, webinar, assesment, ditambah lagi hobi saya nonton film, youtube, dan ngeblog. Belum lagi jika ada permintaan desain atau editing untuk konten tertentu. Semuanya mengharuskan saya menatap layar laptop lebih lama. Semakin tidak kenal waktu dan menguras banyak energi. Sisi positifnya, saya jadi lebih banyak menghasilkan karya karena waktu yang lebih banyak di depan laptop. Tapi kekhawatiran akan kesehatan mata yang terlalu lama memandang layar laptop selalu saja menghantui. 

Berdasarkan sebuah laporan penelitian bertajuk “Blue Light Hazard: New Knowledge, New Approaches to Maintaining Ocular Health” oleh Essilor America pada tahun 2013, paparan sinar biru dalam jangka waktu panjang dapat merusak mata. Radiasi sinar biru dikatakan dapat membentuk reaksi partikel oksigen yang berbahaya serta dapat mengganggu proses fotokimia pada retina mata yang pada akhirnya merusak sel retina dan menyebabkan gangguan penglihatan. 

Sedangkan sebanyak 68,10% masyarakat Indonesia mengetahui akan hal itu. Angka tersebut didapat dari hasil survey yang dilakukan oleh Detik Network bekerjasama dengan ASUS. Dalam survey yang diikuti oleh lebih dari 500 responden dengan latar belakang, profesi, dan usia yang berbeda tersebut juga mengungkapkan bahwa 47,30% masyarakat Indonesia menghabiskan waktu antara 5-10 jam di depan laptop.

Kurangi Paparan Radiasi Cahaya Biru Dengan ASUS OLED

OLED merupakan jenis layar bentuk lanjutan dari LED. OLED bergantung pada bahan organik yang terbuat dari rantai hidrokarbon untuk memancarkan cahaya ketika kontak dengan listrik. Kemampuan masing-masing dan setiap piksel untuk membuat cahaya pada mereka sendiri, menghasilkan rasio kontras yang sangat tinggi. Ini berarti warna hitam pada layar ini bisa benar-benar hitam dan putih akan sangat cerah.

Tren layar OLED di laptop sudah mulai diramaikan oleh berbagai brand, tak terkecuali ASUS. Jajaran laptop ASUS yang telah menggunakan layar OLED dikenal dengan ASUS OLED. Fitur Eye Care pada ASUS OLED dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Dengan demikian, laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan lebih sehat untuk mata penggunanya, khususnya pada anak-anak.

Sebenarnya mata manusia dikatakan memiliki “filter” khusus yang dapat menyaring berbagai spektrum berbahaya. Meski begitu, tidak semua spektrum cahaya dapat disaring dan aman untuk mata. Salah satu spektrum paling berbahaya tersebuat adalah sinar biru. Yang mana, spektrum warna biru sangat dibutuhkan untuk menghasilkan warna yang kaya dan akurat untuk gadget seperti laptop.

Diagram yang menggambarkan tingkat kerusakan pada sel retina mata di berbagai spektrum cahaya pada laporan penelitian “Blue Light Hazard: New Knowledge, New Approaches to Maintaining Ocular Health” oleh Essilor America pada tahun 2013.

Meski demikian, laporan tersebut juga mengatakan bahwa tidak semua spektrum sinar biru memiliki efek rusak yang sama. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti dari Essilor Paris dan Paris Vision berhasil mengidentifikasi bahwa sinar biru dengan spektrum antara 415nm hingga 455nm adalah yang paling berbahaya untuk mata dengan spektrum 420nm hingga 430nm memiliki efek rusak paling tinggi. Salah satu solusi yang ditawarkan dari laporan penelitian tersebut adalah membuat mata hanya menerima spektrum sinar biru yang aman sehingga efek terhadap kesehatan mata dalam jangka waktu panjang dapat terhidarkan. 

Pada umumnya, mengurangi paparan radiasi sinar biru di layar laptop dilakukan dengan mengurangi tingkat reproduksi warna biru. Namun hal tersebut akan mengurangi tingkat akurasi warna dan membuat kualitas visual menjadi sangat buruk. Fitur Eye Care di ASUS OLED tidak hanya dapat mengurangi radiasi sinar biru, tetapi juga mempertahankan kualitas reproduksi dan akurasi warnanya. Dengan menggeser spektrum cahaya biru, ASUS OLED dapat menekan paparan radiasi sinar biru yang berbahaya tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya. Metode tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÃœV Rheinland.

Menurut Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia, “ASUS OLED merupakan salah satu solusi praktis untuk mengurangi kerusakan mata dalam jangka panjang akibat paparan radiasi sinar biru. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati kualitas visual terbaik yang akan memanjakan mata.”

Selain dukungan yang telah diberikan oleh ASUS OLED untuk kesehatan penggunanya, kita harus tetap menjalankan hal-hal pendukung lainnya untuk semakin meminimalisiasi dampak kesehatan dari penggunaan gadget khususnya laptop yang semakin masive sekarang ini, antara lain dengan cara ;

Atur jarak layar

Jarak penggunaan layar sebenarnya tergantung dari postur tubuh masing-masing orang. Jarak yang terlalu dekat akan menyebabkan otot mata mudah lelah karena kontraksi akibat mengalami penyesuaian untuk menerima bayangan yang jelas objek yang berusaha dilihat.

Terapkan aturan 20-20

Maksud dari 20-20 adalah melihat layar selama 20 menit. Kemudian beristirahat selama 20 detik dengan melihat sejauh 20 kaki (6 meter). Hal ini dimaksudkan agar membuat mata lebih relaks. Otot-otot mata akan beristirahat setelah bekerja melihat layar.

Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makanan seperti sayur hijau, buah kaya vitamin c, ikan-ikanan terutama yang hidup di air dingin, dapat menjaga kesehatan dan resiko penyakit mata di kemudian hari

Rutin memeriksakan ke dokter

Yang terakhir adalah yang jarang dilakukan apabila belum menemui gejala yang berarti. Pemeriksaan rutin penting untuk mencegah sejak dini gangguan pada kesehatan mata. Melalui pemeriksaan rutin, kita bisa memantau dan mengatur pola-pola penggunaan gadget untuk kesehatan mata kita.

Produktif Berkarya Dengan ASUS OLED

Dengan bertambahnya waktu penggunaan laptop, saya menjadi semakin produktif. Berkarya menghasilkan konten digital untuk menunjang pekerjaan maupun sekedar menyalurkan hobi. Dukungan teknologi yang memperhatikan kesehatan dari ASUS OLED membuat saya semakin nyaman untuk berlama-lama produktif di depan laptop.

Oleh karenanya sebagai seorang milenial yang sangat akrab dengan teknologi informasi, dengan tenang dan nyaman saya banyak sekali bersentuhan dengan platform dan aplikasi digital. Saya dalam melakukan pekerjaan ataupun sekedar menyalurkan hobi tidak bisa lepas dari aplikasi ataupun platform diantaranya ;

Tulisan

Menulis menjadi kekuatan saya sejak sekolah dasar. Memulainnya dengan menulis untuk majalah dinding, hingga sekarang saya menulis di blog melalui platform blogspot. Perlu banyak riset dan pengetahuan untuk mengelola blog demi meramu dan menampilkan tulisan yang berkualitas. Selain dituntut jago menulis saya juga harus peka terhadap dapurnya blog atau kode html. Melalu kode-kode ini saya bisa mengutak-atik blog sesuai keinginan ditambah beberapa tools lainnya sebagai pendukung.

Video

Beberapa tahun terakhir saya mulai tertarik dengan konten video. Melalui platform berbagi video Youtube (KA Pamungkas), saya menampilkan beberapa video yang saya buat. Menurut saya melalui video kita bisa menyampaikan apa yang kita mau atau lakukan. Membuat video perjalanan misalnya, atau sekedar membuat konten informasi untuk dibagikan ke khalayak. Mulai dari sana saya mulai mempersenjatai diri dengan beragam tools untuk menunjang videografi. Selain dari sisi hardware saya juga mulai belajar dan menggunakan aplikasi-aplikasi editing yang cukup menguras kinerja dari perangkat.

Desain

Mengelola media instagram (@kagung13) walaupun milik pribadi menuntut saya untuk dapat menampilkan sesuatu yang tidak hanya informatif tetapi juga enak dilihat. Semuanya tentu berhubungan dengan ilmu desain. Kalau masalah desain tentu saya akan bilang kalau ini banyak berhubungan dengan software. Ada banyak software yang saya coba untuk mendukung kinerja dalam membuat sebuah desain. Mulai dari aplikasi edit foto, desain berbasis vektor, animasi, dan masih banyak lainnya. Kesemuanya tentu membutuhkan kinerja perangkat yang tidak hanya mumpuni tetapi juga mendukung dari sisi visual.


Maka dari itu penting untuk saya mendapat dukungan dari laptop yang mumpuni sebagai penunjang dalam kegiatan sehari-hari. Dan dukungan itu saya rasa bisa didapat melalui ASUS OLED. Laptop modern ASUS OLED sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga. Performa ngebut libas aplikasi berat untuk produktif berkarya di dunia digital.

Bicara soal produktif dan karya, saya adalah salah satu orang yang terinspirasi dengan seorang penulis buku, traveler, konten creator, musikus, dan entah mungkin ada nama lain yang bisa disematkan. Dia adalah Bung Fiersa Besari. Disela-sela mengikuti youtube Bung Fiersa tentang pendakian dan perjalanan yang kurang lebih sama tentang ketertarikan dan isi konten yang sering saya tampilkan, saya dikejutkan dengan video klip lagu berjudul “Bukan Laptop Biasa”. Apanya yang bukan laptop biasa? Terlepas dari substansi liriknya, saya suka lakunya yang baru sekali dengar saja sudah langsung terngiang di kepala.

Genggam tanganku dan percayaah, hidup ini akan lebih indah, tinggal saja segala resah beralihlah pada ASUS OLED.

Kenapa ASUS OLED

Untuk menghandle banyak aplikasi desain dan editing ditambah beberapa coding, pilihan laptop harus tepat dan sesuai agar pekerjaan jadi lebih mudah dan tertata. Bisa berantakan kalau ternyata performa tidak bisa mengikuti banyaknya aplikasi update terutama desain dan editing yang terkenal menguras tenaga dapur pacu sebuah laptop.

ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) merupakan laptop yang jika dilihat dari segi dapur pacu terpantau mumpuni. Ditambah hadir dengan kualitas layar OLED yang tentunya akan memanjakan editor untuk menghandle urusan visual yaitu detail dan ketajaman warna. Kemudian yang tak kalah penting dukungan teknologi yang memperhatikan kesehatan dari ASUS OLED membuat pengguna semakin nyaman dan aman.

Spesifikasi Dapur Pacu Yang Modern

VivoBook Ultra 15 OLED (K513) telah menggunakan prosesor Intel Core Generasi 11 (Tiger Lake). Selain menghadirkan peningkatan performa dibanding generasi sebelumnya, prosessor ini memiliki tingkat konsumsi daya yang lebih optimal. Akan sangat membantu untuk melakukan pekerjaan di luar ruangan dengan akses tenaga listrik yang terbatas.


Selain prosessor, VivoBook Ultra 15 OLED (K513) menggunakan DDR4 RAM dan media penyimpanan berupa PCIe SSD. Media penyimpanan terbaru dengan kecepatan baca tulis jauh melebihi media penyimpanan sebelumnya yaitu HDD. Dengan begitu laptop ini memungkinkan untuk menghandle segala kegiatan multitasking dengan lebih cepat.

Dengan dapur pacu semumpuni ini, saya dapat dengan leluasa melakukan kegiatan saya berkaitan dunia digital seperti edit video dengan aplikasi berat, desain template maupun vektor garis dengan lebih cepat dan anti ngelag.

Upgradeble

Dari sisi hardware, VivoBook Ultra 15 OLED (K513) hadir dengan beberapa opsi upgrade, salah satunya adalah kapasitas RAM melalui satu slot SO-DIMM DDR4. Selain itu, kapasitas penyimpanan juga dapat ditambah menggunakan 2.5” SATA SSD atau HDD. Dengan tambahan kapasitas penyimpanan, saya dapat melakukan mix terhadap media penyimpanan yang akan saya gunakan. SSD untuk kecepatan akses data dan HDD untuk kapasitas data yang lebih besar.

Ketersediaan upgrade tentu menjadi nilai positif untuk pemilihan sebuah laptop. Perkembangan teknologi yang semakin cepat menyebabkan kemampuan sebuah perangkat untuk dapat bertahan dan meningkatkan performa adalah salah satu hal yang penting. Ketersediaan pembaruan terhadap hardware memungkinkan sebuah laptop bertahan lebih dari umur yang diperkirakan. Terlebih tambahan upgrade dari sisi software perlu diimbangi dengan upgrade dari sisi hardware juga. VivoBook Ultra 15 OLED (K513) sendiri sudah dikonfirmasi akan mendapatkan update sistem operasi Windows 11 tanpa biaya tambahan.

Lebih Kencang dan Hemat Daya dengan AIPT

ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT) merupakan teknologi yang memungkinkan VivoBook Ultra 15 OLED (K513) mendapatkan peningkatan performa hingga 40% dibandingkan laptop dengan spesifikasi serupa. Dengan adanya teknologi AIPT ini juga, membuat konsumsi daya pada VivoBook Ultra 15 OLED (K513) menjadi lebih rendah.

Untuk mengaktifkan fitur AIPT ini cukup dengan shourcut tombol keyboard yaitu “Fn” dan “F”. AIPT hadir dengan tiga profil pengaturan di VivoBook Ultra 15 OLED (K513). Tinggal atur sendiri dan sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan .

Sistem Operasi Windows 10 Home

VivoBook Ultra 15 OLED (K513) telah dilengkapi dengan Windows 10 Home. Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini sangat cocok untuk menunjang produktivitas karena dukungan banyak aplikasi yang dapat dipasang dengan mudah melalui Microsoft Store yang tersedia di Windows 10 Home ini.


Dukungan keamanan pada Windows 10 Home juga selalu diperbarui melalui Windows Update. Selain itu, Windows 10 Home juga memiliki fitur bernama Windows Hello. Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna masuk lebih cepat tanpa kata sandi melalui pembaca sidik jari yang sudah tersedia di VivoBook Ultra 15 OLED (K513).

Gratis Office Home & Student 2019 Seumur Hidup

Dengan VivoBook Ultra 15 OLED (K513) pengguna dapat mengakses aplikasi office seumur hidup dilengkapi aplikasi asli dan juga software yang selalu mendapat pembaruan keamanan rutin untuk melindungi perangkat, program dan data.
Paket office ini terlihat sepele namun sangat besar manfaatnya. Aplikasi yang sering digunakan untuk kebutuhan perkantoran sehari-hari. Jika tidak ada aplikasi ini mungkin saya akan bingung untuk melakukan pekerjaan sederhana dengan laptop. Apalagi jika membeli aplikasi ini juga terbilang tidak murah dan bisa save untuk alokasi dana yang lain.

Teknologi Layar Yang Memanjakan Mata

Teknologi layar adalah keunggulan utama VivoBook Ultra 15 OLED (K513). Laptop dengan layar ASUS OLED berukuran 15 inchi ini memiliki beberapa kaunggulan dibandingkan dengan layar laptop standar.

Warna lebih kaya dan akurat. ASUS OLED dapat menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya dan detail yang lebih baik karena mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.


Tampilan tetap jernih meski pada tingkat kecerahan yang rendah. ASUS OLED mampu menampilkan warna dengan jelas, kaya, serta akurat pada tingkat kecerahan rendah dimana layar laptop pada umumnya hanya mampu mereproduksi warna sebesar 11%. Hal ini dikarenakan ASUS OLED menggunakan 3D color gamut yang mana menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan dan ASUS OLED memiliki color volume 60% lebih besar dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya.


Detail warna dan visual terbaik. ASUS OLED telah mengantongi sertifikasi DisplayHDR 500 True Black dari VESA. Dengan begitu saya dapat menikmati beragam konten multimedia yang disajikan dengan format HDR secara sempurna. ASUS OLED hadir dengan rasio kontras hingga 1.000.000:1 sehingga dapat menikmati setiap detail warna dengan sangat jelas.

Visual lebih jelas tanpa efek blur. ASUS OLED dilengkapi dengan response time hingga 0,2ms atau 50 kali lebih kencang dari layar laptop pada umumnya. Hal ini memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dengan detail yang tinggi. Sehingga saya dapat menikmati sajian film action yang berlangsung cepat tanpa efek blur. 

Spesifikasi VivoBook Ultra 15 OLED (K513)

ProcessorIntel® Core™ i3-1115G4 Processor 1.7-3.0 GHz
(6M Cache, up to 4.1 GHz)
Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz
(8M Cache, up to 4.2 GHz)
Display15.6-inch,OLED,FHD (1920 x 1080) 16:9,Glossy display,LED Backlit,400nits,DCI-P3: 100% ,Screen-to-body ratio: 85 %
Storage256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
HDD housing for storage expansion
Memory4GB DDR4 on board, Memory Max Up to 8GB
4GB DDR4 on board + 4GB DDR4 SO-DIMM,
Memory Max Up to 8GB
Input/Output1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
2x USB 2.0 Type-A
1x HDMI 1.4
1x Headphone out
Micro SD card reader
Micro SD 4.0 card reader
Keyboard and TouchpadBacklit Chiclet Keyboard with Num-key
AudioAudio by ICEpower®
Built-in speaker
Built-in microphone
harman/kardon (Mainstream)
with Cortana support
Camera720p HD camera
Batteray42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension35.90 x 23.50 x 1.79 ~ 1.79 cm
(14.13" x 9.25" x 0.70" ~ 0.70")
Weight1.80 kg (3.97 lbs)
ColorIndie Black
Transparent Silver
Hearty Gold
Operating SystemWindows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business. Free Upgrade to Windows 11¹ (when available, see below)
Included SoftwareOffice Home and Student 2019
SecurityBIOS Booting User Password Protection
Trusted Platform Module (Firmware TPM)

Harga Terjangkau

VivoBook Ultra 15 OLED (K513) merupakan laptop yang menggunakan panel OLED dengan harga paling terjangkau yang ada di Indonesia saat ini. Laptop ini telah tersedia dengan banderol harga Rp 8.599.000 (Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1115G4/4G/256G PCIE+HOUSING/OLED FHD/Office pre-installed).

ASUS OLED merupakan jajaran laptop dari ASUS yang mumpuni secara performa dan mendukung untuk kesehatan penggunanya. Untuk info lebih lanjut tentang produk laptop ASUS OLED ini dapat diakses melalui link disini. Sehat selalu dan terima kasih.

Referensi

https://www.tamasyaku.com/2021/12/asus-oled-writing-competition.html

https://bit.ly/ASUSOLED-ID

https://www.asus.com/id/

https://oled.asus.web.id/

15 Comments

  1. Bener banget mas, sebagai kreator digital dan blogger, berlama-lama memandang layar komputer/laptop itu bikin mata cepel lelah. Apalagi saat tugas mengharuskan kita mentelengi detil tugas yang walaupun udah di-zoom in masih aja mungil dan ga terlihat.

    Speknya Asus kaya gini ini beneran cuma 8 jutaan harganya? Wih keren ya.

    ReplyDelete
  2. Ya Allah ada lagi nih gadget impian sy, mog bisa beli lptop lagi segera

    ReplyDelete
  3. Untuk spesifikasi seperti itu, harganya cukup terjangkau yaa kak. Dikira harganya bakal mencapai belasan, minimal 10 juta..

    ReplyDelete
  4. Wah dengan display seperti itu, jadi semakin nyaman menggunakan Asus Oled ini, apalagi spek lainnya juga mendukun performa laptop ini. harganya juga tidak terlalu mahal yaa

    ReplyDelete
  5. pengen banget punya laptop spek dewa macam Asus ini. Bisa terus produktif, menulis artikel, sembari kreasi desain landing page, saya yakin pasti gak lemot dah ini laptop.

    ReplyDelete
  6. Harga ASUS Oled lumayan juga ya, tapi sebanding dengan fitur-fitur mewah yang ditawarkannya. Spek Asus ini kayanya bakal bikin nyaman kita di depan monitor untuk ngeblog ya

    ReplyDelete
  7. Ini sih laptop incaran saya mas, its my dream mas,, semoga kecapai untuk punya nih laptop asus vivobook ultra 15 oled,..

    ReplyDelete
  8. Wah sebagai orang dengan minus tinggi mupeng banget baca ulasan laptop yang sehat buat mata.

    Harganya juga terjangkau.

    Menarik banget nih Asus satu ini

    ReplyDelete
  9. Spesifikasinya asus memang menggoda mas. Saya sendiri pengguna asus nggak meragukannya. Mulai dari processor, baterai sampai tampilan semuanya ok. 😊

    ReplyDelete
  10. Ini merk laptop yang sampe sekarang masih aku pake btw kak....

    ReplyDelete
  11. mantap inovasi dari asus, biar mata sehat tak terkena dampak radiasi cahaya layar laptop.

    ReplyDelete
  12. Dengan spek yang Mumpuni untuk Creator di zaman digital ini harganya lumayan miring ya. Boleh dipertimbangkan untuk upgrading laptop selanjutnya hihi

    ReplyDelete
  13. Sebagai pemakai laptop asus yang udah mulai memasuki waktu ingin diganti, rekomendasinya bermanfaat banget. Apalagi harus nyari laptop yang ramah mata.. Makasih informasinya Kak

    ReplyDelete
  14. Wah lumayan juga nih. Bisa masuk pertimbangan buat ganti laptop di rumah yang sudah tua dan mulai lelah

    ReplyDelete
  15. Mantap bangett emang ASUS OLED iniii, suka sama fungsi dan manfaatnyaa. apalagi buat saya yang suka berlama2 di depan layar ngga berasaa

    ReplyDelete