Surabaya Heritage, House Of Sampoerna

Surabaya adalah sebuah kota dengan sejuta cerita perjuangan. Sejarah banyak berasal dari perjuangan arek-arek Suroboyo, pendiri bangsa yang tinggal, berasal, dan atau diasingkan di Surabaya. Dan inilah yang mereka wariskan, bangunan, benda, cerita dan spirit perjuangan yang sudah seharusnya dijadikan para pemuda kita untuk berkarya dan berprestasi.
Pertama kali denger kata Heritage langsung muncul ide, kayaknya asik juga kalo ngulik sejarah lagi, apalagi di kota ini, sejarahnya banyak banget dan bisa nambah wawasan.  Surabaya, City Of Heroes. Saya mulai dari sebuah Museum yang saya yakin ini adalah bangunan bersejarah. Secara dinamain Museum jadi pasti banyak cerita dan barang aman dulu disana. Hehe. House Of Sampoerna.

Akses dan Lokasi

Berlokasi di Taman Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur 60613. Karena lokasi sedikit masuk Gang, ada baiknya minta bantuan Google Maps.

Ada beberapa Gedung disini dimana yang paling besar merupakan Gedung produksi yang sekarang menjadi Museum. Ada 2 lantai. Saat ini lantai 1 berisi barang-barang klasik museum seperti replikas, foto, lukisan, dsb. Sedangkan di lantai 2 tertata rapi alat produksi rokok dan beberapa foto, juga barang-barang klasik lainnya. Gedung sebelah kanan gedung utama ini, dijadikan rumah tinggal Keluarga Sampoerna. Sebelah kiri adalah cafe. Tepat di samping kanan gedung Auditorium terparkir mobil mewah keluaran Inggris Rolls Royce yang dipergunakan oleh Keluarga Sampoerna.

Sejarah dan Unik

Museum ini bergaya bangunan kolonial Belanda yang dibangun tahun 1862 merupakan komplek bangunan yang dulunya dijadikan panti asuhan yang dikelola Belanda,kemudian dibeli oleh Liem Seeng Tee tahun 1932 dan dijadikan pabrik tempat pertama produksi rokok Sampoerna.

Banyak barang-barang dalam Museum dimana saat pertama masuk terdapat kolam kecil yang cantik menyambut pengunjung yang datang. Kemudian bergerak ke kiri memamerkan barang-barang klasik seperti warung mungkin yang dikelola pendirinya dulu. Sepeda onthel klasik milik pendiri juga terpampang disana. Tak luput juga serangkaian gambar, foto atau lukisan yang menghiasi dinding di ruang pertama ini. Bergerak terus ke kanan ada replika kursi dan ruang kerja, juga kebaya yang dipajang rapi dalam lemari kaca. Masuk ke ruang berikutnya berisi banyak sekali hiasan dinding.
Sedangkan ruang paling dalam lantai 1 ini banyak berisi replika mulai dari mesin, lapak kelontong, seragam marching band, peta Indonesia jaman dulu, delman, dan lain sebagainya menunjukan barang-barang klasik dan mewah pada zamannya.
Utuk lantai 2 nya seperti yang telah saya sebut di atas tertata rapi alat prosuksi yang sayang sekali untuk dokumentasi diharuskan meminta izin terlebih dahulu dan saya lebih memilih menikmatinya saja tanpa kamera.

Satu lagi yang unik di kawasan ini yaitu adanya Surabaya Heritage Truck (SHT) atau dikenal juga Bus SHT. Museum Sampoerna ini merupakan titik berhenti (terminal) untuk menjelajah Surabaya. Jalunya juga berbeda beda setiap perjalanan. Dan yang gak kalah penting pemesanan lebih baik jauh hari apalagi untuk waktu liburan atau ramai pengunung. Karena peminatnya banyak juga.

Operasional

Jam Operasional Museum ini yaitu Senin - Minggu jam buka pukul 09.00 dan tutup pukul 22.00. Museum ini tidak dipungut biaya jika ingin masuk. Cukup membayar parkir saja. Sedangkan untuk Surabaya Heritage Truck (SHT),  dapat di cek di sini yaitu laman dari House Of Sampoerna.


Surabaya Heritage, House Of Sampoerna.
Video pendek dalam 1 menit tentang Museum Sampoerna. Selamat Menikmati.

No comments:

Post a Comment

Your comment is my spirit for writing. :)