Traveling Saya Sepanjang 2018 - #2 (City Trip)



Sebelum city trip ini, ada cerita saya di 2018 tentang Adventur yang dapat dilihat di sini, tak seberapa banyak tapi cukup menarik menurut saya.

Traveling Saya Sepanjang 2018 - #1 (Adventure)
CITY TRIP SURABAYA

City trip ini gak sehari gitu lho. Saya beberapa kali saat libur mencoba explore tempat dimana selama beberapa tahun belakangan ini saya menetap. Surabaya, kota sederhana yang apa adanya. Keren, berprestasi, nyaman, dan asik. Banyak yang bisa di eksplore mulai dari sejarah, kuliner, museum, kampung, mall, ruang terbuka hijau, ruang diskusi, dan lain sebagainya.

Saya juga beberapa nyobain fasilitas yang disediain di Surabaya, kayak Suroboyo Bus (Suroboyo Bus, Transportasi Mbois Surabaya Punya) yang bayarnya pake sampah plastik, Naik Bus Surabaya Shopping and Culinary Track (SSCT) (Surabaya Pintar Bersama Surabaya Shopping And Culinary Track (SSCT) Visit Museum), Keliling Sungai Kalimas naik Perahu, dan banyak lainnya.

Selain itu di tahun ini juga saya lebih mengenal salah satu komunitas di Surabaya yang menurut saya bagus (bersinergi mengembangkan kota melalui media sosial dan komunitas) bernama LoveSuroboyo dan mengikuti beberapa kegiatannya seperti Blusukan Kampung Eropa Jilid 4, Bersih-Bersih Pantai Kenjeran, dan Acara Ultah LoveSuroboyo ke 2, Hunting Kampung Melayu dan Pecinan, Blusukan Kampung Ketandan dan Kebangsren, dan yang terakhir Blusukan Daerah Ampel dan Pasar Pabean.

Dan berikut tempat-tempat menarik di Surabaya yang telah saya kunjungi, semoga bisa menjadi referensi yang mau mengenal lebih jauh tentang Surabaya.

House Of Sampoerna

Monumen Kapal Selam (Monkasel)


Kenjeran Park


Pantai Kenjeran Via Taman Suroboyo


De Javasche Bank 


Monumen Hidup Polri


Gedung PTPN XI


Balai Kota Surabaya


Bungker Balai Kota Surabaya


Museum Surabaya


Tugu Pahlawan


Museum 10 November


Jalan Tunjungan


Jembatan Merah


Jembatan Suroboyo


Wisata Perahu Kalimas Taman Prestasi 


Suroboyo Carnival Park

Walau tak seperti dulu pertama saya kesini 2 tahun lalu, dimana masih ada wahana exream yang bikin jantung deg-degan, saya cukup terhibur keliling Suroboyo Carnival Park ini dengan wahana yang baru  dan menonjolkan nuansa Eropa di sini. Saat naik Biang Lala (Ferris Wheels) terlihat di sisi lain terlihat wahana wahana dulu yang masih ditutup, entah sedang renovasi atau seperti apa saya juga kurang paham. Semoga tempat seperti ini bisa lebih cantik dan menarik lagi.


Atlantis Land Surabaya

Tempat ini keren abis deh. Yang paling menyenangkan itu wahana air nya. Selain itu wahana lain seperti Dino Park, Discovery, dan Pertunjukannyaseperti Globe Of Death dan Dancing Fountain ini bikin betah seharian di sini. Terlebih tempat ini terus berbenah dan masih banyak lagi wahana wahana kejutan yang belum di buka (seperti wahana extream) dan lain sebagainya.


NRIBUN KE STADION GELORA BUNG TOMO, PERSEBAYA DAY


Setelah tahun lalu saya sempat merasakan main di Gelora Bung Tomo (GBT) (bukan pertandingan resmi, saya belum seprofesional itu, tapi exsebision match dari kantor), saya bisa merasakan atmosfer GBT saat persebaya menggelar pertandingan. Suara Bonek Bonita yang loyal mendukung Persebaya dan Song For Pride nya yang selalu membuat saya merinding, menambah ketagihan nribun tahu ini. Total 3 kali pertandingan home Persebaya saya saksikan langsung ke GBT. (Lawan Persib, PSM, dan Bhayangkara). Musim depan kayaknya tetep jadi tujuan jalan-jalan deh kalo ke GBT ini. Hehehe.

Mbonek yang selalu bertiga, Trio Bonek katanya, Bonek Jogja, apalah, yang jelas saya suka aja sepak bolanya, atmosfer nribun ini yang bikin tambah suka dan malah ketagihan. Bisa foto juga sama Bu Pres nya Persebaya, Ivo Ananda. Makasih Bu Pres, So kind, full of smile, always happy and mbois. Hehe.


SURABAYA ACTIVITY

Selain eksplore dan jalan-jalan destinasi wisata Surabaya, beberapa kali di tahun ini saya juga ikut bersinggungan dengan beberapa kegiatan yang ada di kota Surabaya, namun sifatnya tetep sebagai orang luar atau peserta saja.

Surabaya Cross Cultur Festival

Event Internasional yang bisa disaksikan oleh banyak orang, Melihat kebudayaan asing dan beberapa dari Indonesia yang sangat beragam. Berlangsung beberapa hari yang Openingnya di Jalan Tunjungan dan ramai banget. Closingnya ada di Balai Kota sekaligus jamuan makan malam.


Opening Ceremony


Closing Ceremony


Parade Juang Surabaya

Acara ini dilakukan tiap tahun di Surabaya di bulan-bulan peringatan Hari Pahlawan. Wajar lah secara Surabaya, Kota Pahlawan. Ada yang tahu kisah pertempuran 10 November, Insiden 19 September, dan masih banyak lain.


Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan

Kalo acara ini rutin digelar tiap bulan. Sebagai hiburan rakyat. Kuliner, mlaku - mlaku menghilangkan penaat dan menikmati hiburan panggung, musik band lokal dan budaya lokal, tari, gamelan, campur sari an dan lainnya.


Inno Creativision 

Acara terkeren di 2018 versi saya. Banyak pembicara milenial hadir di sini. Pembahasannya banyak, temanya menarik, dan orang-orangnya menginspirasi. 2 hari full dihadiri juga oleh Bu Risma yang juga sempet jadi moderator pas ngomongin kesuksesan Ernest dan Panji. Lanjut Afgan, Sheryl, Eka Gustiwara yang di pandu sama Pongky tentang bagaimana perjalanan bermusik mereka, dan banyak lagi kemaren. Seru, keren, dan banyak banget manfaatnya. Tapi sayang karena badan kurang fit, saya lebih fokus mendengarkan pembicara daripada mengabadikan beberapa moment.

=====================================================

Sepertinya itu aja untuk jalan-jalan di 2018. Biasa saja tapi tak hanya menikmati keindahan alam tapi banyak pengetahuan dan banyak belajar. Semoga di 2019 bisa lebih aktif dan banyak cerita yang dapat ketulis agar dapat dibagikan ke khalayak. Terima Kasih. Have a Good Year. Jangan lupa evaluasi dan resolusi. :)

Share:

2 comments:

  1. Wih mantep.. Saya 2018 malah belum pernah kemana2.. Bener2 anak rumahan. Cedih gak si.. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kemana mana kan bisa lewat internet, Hehe. Dimana aja yang penting produktif sih. Keren juga kok.

      Delete