Bukit Watu Lawang, Tikungan Alternatif Saat Renovasi Air Terjun Sedudo

Jauh jauh hari saat akan memulai perjalanan ke nganjuk, tertarik sekali karena ada rencana untuk mengunjungi Air Terjun Legendaris yang sering diceritain Ibu saya pas kecil, Sedudo. Namun sayang, "Karena Traveling Tak Selalu Sesuai Traveling" pada akhirnya kami hanya melewati tikungan menuju bukit dan melihat banyak air terjun yang saya sendiri pun tak tahu itu Sedudo atau bukan. Ini cerita kami :
Berangkat Sabtu dini hari pukul 00:30, berencana menghadiri kondangan salah satu teman kami. Teman yang nemenin saya ke "Mt. Prau 2.565 Mdpl". Dan bareng - bareng juga bersama calon mempelai wanita saat itu jalan bareng "Tour De Ijen", Gunung Ijen, Banyuwangi.

Perjalanan berlalu begitu saja melewati jalur Surabaya - Nganjuk sampai tak terasa waktu menunjukan pukul 04:45 saat kami sampai di lokasi mempelai pria. Saat itu pagi buta dan lokasi masih sangat sepi sehingga kami berinisiatif untuk jalan-jalan dulu. Dan jelas saja tujuan kami Air Terjun Sedudo.

Perjalanan berlanjut sekitar 1 jam dari lokasi menuju Sedudo, melewati jalur yang asik banget, hutan, sungai, dan udara yang menyejukan mata dan juga hati. Sampai di portal masuk masih sepi dan di sini saya mulai berfikir, kok sepi? Benar saja sampai di atas gapura masuk Air Terjun Sedudo, jalannya ditutup, dan kami mendapat informasi bahwa Air Terjun ditutup untuk renovasi sampai tanggal 16 Januari Ini kalau gak salah. (Jadi lokasi sudah mulai bisa diakses lagi menurut ibu-ibu yang jualan makanan di daerah situ).
Jadi sebagai alternatifnya, kami naik sedikit dari lokasi kami saat ini yaitu menuju Bukit Watu Lawang. Tak pernah lihat di internet sebelumnya jadi masih gak ada ekspektasi apa-apa saat naik bukit ini. Ada lokasi foto dengan view kota nganjuk disini, dan naik sedikit lagi akan terlihat view yang ciamik yaitu bukit dengan view air terjun dan kabut pagi itu, syahdu banget.
Di lokasi ini juga banyak bebatuan yang cukup tinggi dan biasa digunakan utuk berfoto. Di pagi hari view nya cantik dan syahdu. Nah kalau mau yang agak sepi bisa naik sedikit di ujung lokasi dan melihat view bukit dan air terjun secara lebih private lagi. Seperti ngelihat bukit dari dalam hutan.
watu lawang

Akses dan Lokasi

Akses kesini kurang lebih sama dengan akses ke Sedudo karena lokasinya ada di sebelum pintu masuk pemerikasaan karcis Air Terjun Sedudo. Letak tepatnya adalah di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Tepatnya dari kota nganjuk, lewat Jalan Sedudo sampai bertemu pintu masuk pemeriksaan karcis Air Terjun Sedudo, langsung saja belok kiri.
Watu Lawang

Team Perjalanan

Sakinah Mawadah Warohmah brooo Zakky.. (y) (y)

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Your comment is my spirit for writing. :)